Monday, March 14, 2011


*tulisan lama yg baru di upload sekarang

Bukan Lagi Fenomena Facebook


Nama Facebook memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya benar, sebuah situs jejaring sosial (nama beken nya dari 'social network' =D ) yang dapat menghubungkan kita dengan teman2 kita diluar sana. Tidak hanya teman2 yang kita kenal saja, pun bisa berkenalan dengan orang asingyang mungkin kebetulan kenal dengan teman kita. Dulu yang masih berjaya bernama Friendster, namun semenjak facebook muncul dipermukaan, banyak orang berbondong bondong pindahan menuju situs baru ini dan yang lama pun dicampakkan, tak terkecuali aku. Sebenarnya maksud hati tak ingin mencampakkan yang lama, namun entah mengapa ak tak bisa lagi mengakses mu wahai friendster (mencoba mencari alasan, padahal yang baru memang lebih keren)

Tidak bisa disalahkan juga orang2 yang telah meninggalkan situs yang lama, karena memang fitur2 di situs yang baru jauh lebih menarik hati. Di dunia maya memang terkadang harus menganut hukum rimba, siapa memiliki ide lebih orisinil dan lebih keren dialah yang berhak menjadi raja, yang kalah pamor ke laut aja. Salah satu fitur keren yang dapat diakses di fb adalah permainan yang lucu2. Tak jarang pula saking asiknya bermain sampai kita lupa waktu. Tak hanya waktu yang kita telantarkan, hanya demi mendapat poin2 yang lebih banyak dalam waktu singkat, kita pun tak ragu merogoh kantong untuk membelinya melalui jasa bank (berhasil sudah tujuan dari mereka). Maklum, memang begitulah permainannya, jika kita tak memiliki cukup koin, barang2 yang lucu pun tak terbeli. "Aku ingin yang sama dengan yang dia punya" mungkin itu yang ada di pikirannya, entahlah namun tak sedikit ternyaata yang dia habiskan untuk memenuhi angka digit di dalam permainan tersebut. Sang pemilik pun semakin berbahagia karena dia semakin kaya dengan makin banyaknya pengguna jasa fb ini.

Selain permainan, banyak juga kuis2 bertemakan hal2 yang menarik. 'Kapan kita mati?' ; 'Berapa anak yang akan kita miliki'; 'Kapan kita akan menikah?'; 'Inisial dari suami masa depanmu?' dan masih banyak yang lainnya. Setiap kali melihat temanku baru saja mengikuti kuis A, aku pun tak ingin ketinggalan mencobanya. Namun apakah semua kuis2 yang bertemakan ramalan masa depan kita tersebut akan berhenti hanya di layar laptop kita'? Akankah ia meninggalkan jejak di hati kita? meski hanya sedikit saja. "AH, itu kan hanya keisengan belaka" itu mungkin yang akan kuucapkan pada teman2, tapi cobalah jujur kepada dirimu sendiri. Mungkin setelah sekian lama aku akan melupakan hasil dari kuis tersebut, tapi misalnya setelah mendapat hasil dari salah satu kuis bahwa aku akan mati tenggelam, akankah aku tetap dengan rasa santai berenang bersama teman2? "AKU TIDAK AKAN MENYENTUH AIR !!!" itu yang aku lakukan. Setelah mendapat hasil dari salah satu kuis bahwa suamiku kelak berinisailkan H, akankah aku dengan tenang mengobrol dengan teman lelakiku yang berinisial H? "Diakah calon suamiku kelak?" itu yang akan ada dalam hatiku. Ingatlah, bahwa jodoh, rejeki dan kematian semuanya ada di Tangan Allah, tidak ada satupun yang mengetahui kepastian akan itu semua. Lebih baik menghindar dari hal2 beginian kalo iman kita belum kuat2 banget menghadapi dampak akibatnya seperti aku diatas.

Tak lupa dengan status yang harus selalu diperbaharui atau bahasa kerennya 'update' =P "Kalo gak update, gak eksis man !?" itu lah yang aku ucapkan kepada teman2ku. Seringkali aku menuliskan tentang perasaan ku saat itu di status fb atau mungkin kegiatan yang saat itu sedang ak lakukan. Perasaan senang, sedih, marah semuanya tak luput untuk kutulis di status fb, tak segan2 semua caci maki dan seala penghuni kebun binatang kutulis pula jika ak sedang marah kepada seseorang. "Bodo amat itu semua bikin dia sakit hati, memang itulah tujuanku !!" mungkin itu yang akan kupikirkan. Sekecil apapun kegiatan yang kau lakukan, wajib diabadikan di status. "Bodo amat ama orang yang bilang 'ih, gak penting banget sih!!' !!" "SIRIK AJA !!!" pikiran ini yang mungkin hinggap di otakku. Yakin, bakal 'bodoh amat' dengan tanggapan orang?? status aja musti harus terus diperbaharui karena biar dikata eksis, tapi kalo yang baca banyak yang sakit hati atau eneg ngeliat status ku yang bahkan sampai ke kamar mandi aja ditulis (ok, berlebihan) dan berakhir gak ada yang mau baca atau bahkan di delete dari friend list nya, mau exists ma siapa???? yang ada malah kita invisible.

Mengenai teman2 yang banyak aku temukan di fb, tak hanya teman2ku yang paling baru, tapi juga teman2 ku di masa lalu. Masa SD, SMP, SMA semua deh ada di fb. Wah, bagus tuh bisa menyambung tali silaturahim yang mungkin sempat hilang terhalang jarak dan waktu. Aku juga suka berkelana melihat foto2 mereka satu persatu namun sayangnya tak jarang ada sedikit 'clbk' (cinta lama berkembang lagi - atau apalah itu namanya). Syukur2 dua2 nya masih single dan akhirnya jadi, 'jodoh gak kemana nih'. Yang jadi masalah disini kalo dua sejoli tersebut sudah memiliki pasangan dan bahkan berkeluarga bisa berabe kalo terjadi 'clbk'. Bukan berita baru sebuah keluarga rusak karena mereka lebih memilih bersama dengan cinta pertama mereka.

"Parah banget sih yang bikin fb ini, banyak dosa nya tuh orang !!" lah kok sewot ama orang nya. si 'gunung gula' - arti nama belakang penemunya - =D kan cuma bikin ini buat senang2 awalnya dan ternyata dapat meraup untung yang besar. Yang salah adalah aku nya yang kadang masih suka gak pake kendali dalam menggunakan fb tersebut. Kalau memang ada konspirasi di belakangnya dengan bertujuan memusnahkan manusia secara perlahan-lahan, itu lain cerita, bakal seru tuh bisa dibikin film (HALAH !!)

Jadi inget nih, pas banget nulis artikel tentang fb ini sekarang karena dulu kan sempat ada rumor tentang fb bakal ditutup tanggal (kalo gak salah) 15.03.2011 dengan alasan yang waktu itu pernah ak baca yaitu kalo si empunya merasa fb ini bawa pengaruh buruk karena orang2 tidak lagi bersosialisasi secara layaknya manusia dan dia berharap mereka2 (pecandu fb) keluar dan mencari kehidupan sebenar-benarnya. Hmmmmmm........

2 comments:

Ms. Barokah said...

"gunung gula" -> LOL Jungkir balik

la bóheme said...

hehehe,ntar kalo ak tulis nama aslinya ntar kelacak ama yang lain. bisa terkenal blogku ini nanti..ak gak suka itu -.-'