Wednesday, January 15, 2014

Goyang Oplosan

Setelah sukses media mendoktrin kita dengan goyang cesar, akhir2 ini ada yang baru lagi namanya goyang oplosan.  Semua gak lain gak bukan berawal dari acara 'hiburan' yang judulnya kalo disingkat ada 3 huruf.

Denger pertama kali ada goyang oplosan ini dari kakakku, dia seneng soalnya jogetnya kocak sambil memeragakan bagian goyang yang paling khas nya dari goyang oplosan sembari menyenandungkan sebagian kecil liriknya = ...tutupen botolmu, tutupen oplosanmu.. ????? what the ??? karena udah kena goyang cesar yang gak penting itu, denger ini ada goyang baru lagi, males banget rasanya.  Tapi entah kenapa mendengar sedikit liriknya bikin aku penasaran.  Akhirnya kecurigaan ku benar, nih lagu sebetulnya isinya bagus, menyuruh orang untuk berhenti mabuk2an karena mabuk itu gak ada gunanya, cuman ngabisin duit dan bisa membahayakan nyawa.  Tapi sayangnya orang gak lagi peduli ama isi lagunya, yang ada cuman dilihat goyangannya, lebih ironis lagi kalo misalnya denger lagunya, sambil ikutin jogetnya dalam keadaan mabuk,ckckckckckck.....

Akhirnya aku cari2lah itu asal muasal lagu aslinya di u-tube, ini dia liriknya :

Opo ora eman duite *Apa tidak sayang uangnya
Gawe tuku banyu setan *Buat beli minuman setan
Opo ora mikir yen mendem* Apa tidak mikir jika mabuk
Iku biso ngrusak pikiran *Itu bisa merusak fikiran
Ojo di teruske mendemu *Jangan diteruskan mabukmu
Mergo ora ono untunge *Karena tidak ada untungnya
Yo cepet lerenono mendemmu *Ya sudah akhiri saja mabukmu
Ben dowo umurmu *Biar panjang umurmu
Oplosan, oplosan, oplosan **Oplosan, oplosan, oplosan
Cobo sawangen kae kanca kancamu *Coba lihat itu teman temanmu
Akeh do podo gelempangan *Banyak yang gelimpangan
Ugo akeh sing kelesetan *Juga bangay yang kelesotan
Di tumpaake ambulan *Di naikan ambulan
Yo wes cukup anggonmu mendem *Ya sudah cukup mabukmu
Yo mari mario yo leren lerenno *Ya sembuh sembuhkan ya henti berhentikan
Ojo di terus terusno *Jangan di terus teruskan
Tutupen botolmu *Tutup saja botolnya
Tutupen oplosanmu *Tutup oplosannya
Emanen nyawamu *Sayangi nyawamu
Ojo mbok terus teruske *Jangan di terus teruskan
Mergane ora ono gunane *Karena tidak ada gunanya

2 comments:

Ms. Barokah said...

adekku yang anti mainstream kalo dengerin musik aja sampe download lagu ini loh el. . .
Tetep miris aja kalo liat jogednya. Tapi.. ya balik lagi ke selera org deh. hehe

la bóheme said...

yang biasanya 'ngelawan arus' aja, jadi ikut keseret...hebat banget emang kekuatan media..hebat sekaligus mengerikan...